Jumat, 05 Maret 2010

MANFAAT PETAI


manfaat-petaiKita tentu mengenal petai, bahan makanan yang memiliki aroma khusus, karena baunya kurang sedap. Namun di balik itu, petai punya manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Di dalam kandungan petai, ada tiga macam gula alami, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi kandungan ini mampu memberikan dorongan tenaga (sumber energi) yang alami, namun cukup lama dan cukup besar pengaruhnya.

Petai merupakan sejenis tumbuhan yang berasal dari kawasan Asia Tenggara yang beriklim panas lembap. Tumbuhan petai banyak ditemui di dalam hutan-hutan Malaysia, Indonesia, Brunei, dan Thailand, tetapi jarang ditemui di daerah lainnya selain kawasan Asia Selatan.

KANDUNGAN

Berdasarkan penelitian, petai yang memiliki bintik-bintik pada papannya dikatakan mengandung kadar protein dan lemak yang tinggi daripada tumbuhan hutan lainnya, yaitu sebanyak 8%, karbohidrat 11%, air 71%. Selain itu juga banyak mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Jika dibandingkan dengan buah apel, ternyata petai me­mi­liki kandungan karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, protein empat kali lebih banyak, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, serta dua kali lipat jumlah vitamin dan mine­ral lainnya.

Petai menjadi salah satu bahan cukup penting dalam makanan kita sehari-hari. Berikut, bebe­rapa khasiat petai dalam me­ngobati berbagai penyakit.

KHASIAT

  1. Merupakan antioksidan alami.
  2. Berdasarkan hasil penelitian, dua porsi petai mampu mem­berikan sumber tenaga yang cu­kup melakukan aktivitas yang tergolong berat selama 90 menit.
  3. Petai adalah menu favorit para atlet top. Riset membuktikan, petai tidak sekadar memberi energi, juga mampu mencegah, bahkan mengatasi berbagai macam penyakit dan kondisi buruk.
  4. Sebuah penelitian yang dila­kukan Institute of Psycho­logy, Austria, menemukan bah­wa tekanan pada saat kerja akan menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenang­kan, seperti coklat dan keripik. Mencermati 5.000 pasien di rumah sakit, peneliti menemukan, pada umumnya orang menjadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi. Laporan juga menyimpul­kan, untuk meng­hindari nafsu mengk­onsumsi makanan ka­rena panik, kita membutuh­kan pengendalian kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi karbo­hidrat setiap dua jam untuk mem­per­ta­hankan agar kadar­nya tetap. Ber­da­sar­kan peneli­tian di Austria, petai bisa me­ngendalikan kadar gula dalam darah.
  5. Sebuah penelitian yang ditu­lis dalam jurnal berjudul The New England Journal of Medicine, menyebutkan bahwa mengkonsumsi petai sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan risiko kematian yang disebabkan penyakit stroke sampai 40 persen.
  6. Dengan kandungan zat besi yang tinggi, petai dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.
  7. Pe­tai dapat mengatasi rasa ke­ke­nyangan, mual di pagi hari, pe­nyakit emosional yang kacau, untuk penyakit saraf, dan juga anti gigitan nyamuk.
  8. Dalam pengobatan tradisional Melayu, petai dipercaya mengatasi penyakit jantung, diabetes, radang ginjal, lever.
  9. Petai juga mampu menjadi obat cacing pada anak-anak yang cacingan.

Sumber : http://www.khasiatku.com/khasiat-petai/

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

 

MANFAAT BUAH. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Anda dapat mengunjungi Cerita Dongeng Anak