Sabtu, 06 Maret 2010

MANFAAT BUAH STRAWBERRY


manfaat-buah-strawberry

Buah strawberry berwarna merah ini banyak terdapat di Indonesia. Ada beberapa macam strawberry, yang paling terkenal adalah Fragaria chiloensis L. Yang memiliki warna merah matang karena kaya akan pigmen antosianin yang mengandung antioksidan tinggi dan juga senyawa-senyawa lain seperti serat, vitamin C, potasain dan asam ellagic.

KANDUNGAN KIMIA

Kandungan gizi buah strawberry segar dalam 160 gram mengandung : energi 50 kalori ; protein 1 gram; karbohidrat 11,65 gram; serat 3,81 gram; kalsium 23, 24 mg; magnesium 16,60 mg ; fosfor 31,54 mg ; potasium 44,82 mg ; selenium 1,16 mg ; vitamin C 94,12 mg ; folat 29,38 mg ; vitamin A 44,82 IU (Anonymous, 2005)

KHASIAT

  1. Warna merah strawberry disebabkan karena buah kaya pigmen warna antosianin yang dapat menjadi antioksidan.
  2. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dibandingkan buah-buahan dan sayuran menyebabkan strawberry dapat digunakan untuk menanggulangi masalah penyakit akibat radikal bebas seperti kanker, stroke dan proses penuaan.
  3. Dapat mencegah terjadinya radang dan alergi.
  4. Strawberry merupakan buah-buahan yang mengandung gula rendah sehingga cocok untuk diet pengidap diabetes, melawan encok dan radang sendi.
  5. Karena antioksidan yang tinggi buah ini juga untuk menghaluskan kulit dan membuat cerah. Daun strawberry berkhasiat untuk menghentikan diare.

TIPS PENYAJIAN

Buah strawberry mudah rusak dan busuk sehingga bila akan memakainya sebagai antioksidan perlu disimpan di almari es dan penyimpanannya tidak boleh ditumpuk. Buah strawberry dapat dimakan dalam bentuk segar, setiap hari cukup 8-10 biji. Selain itu buah strawberry dapat dibuat sari buah.

Smber: www.khasiatku.com/strawberry/

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

 

MANFAAT BUAH. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Anda dapat mengunjungi Cerita Dongeng Anak