Sabtu, 15 Januari 2011

MANFAAT BUAH KEDONDONG


manfaat-buah-kedondong

Mungkin sudah tak asing lagi dengan yang namanya buah kedondong atau dondong ini. Buah yang rasanya asam manis ini banyak disukai orang, terutama untuk dijadikan rujak atau manisan. Bahkan dalam dunia bisnis, buah kedondong juga dikembangkan dan dibuat berbagai bentuk makanan olahan lainnya, seperti selai ataupun dodol. MANFAAT BUAH KEDONDONG pun cukup besar terutama dari kandungan gizinya yang baik untuk tubuh.

Pohon kedondong (Spondias dulcis) merupakan tanaman besar yang tingginya bisa mencapai 20 meter. Tanaman ini umumnya terdapat di daerah tropis dan lebih menyukai tanah di dataran rendah sebagai tempat tumbuhnya. Bentuk buahnya bulat lonjong dengan kulit berwarna hijau. Namun kalau sudah matang, kulitnya akan berubah kuning dan mudah dikupas.

Jenis kedondong yang dikenal umumnya bentuk buahnya sebesar telur ayam. Namun ada juga jenis varietas lain yang ukuran buahnya cukup besar, bahkan bisa mencapai 3 atau 4 kali lebih besar dari varietas umumnya dan beratnya bisa mencapai 1 kg perbuahnya. Jenis ini umumnya terdapat di kawasan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah dan dikenal dengan nama kedondong Karimunjawa atau kedondong raksasa.

Vitalitas

Kandungan utama yang terdapat dalam buah kedondong adalah unsur gula dalam bentuk sukrosa yang penting sebagai penambah energi dan vitalitas tubuh. Begitu juga dengan kandungan seratnya dan airnya yang cukup tinggi bermanfaat dalam melancarkan pencernaan serta mencegah dehidrasi.

Selain itu, manfaat buah kedondong lainnya adalah dari rendahnya kandungan lemak, sehingga buah ini cocok sebagai makanan cemilan diet yang menyegarkan. Apalagi kandungan karbohidrat maupun proteinnya juga termasuk rendah. Selain itu, sebagian masyarakat juga ada yang memanfaatkan buah kedondong untuk mengobati dan mengatasi luka akibat terbakar maupun borok.

Manfaat Lain

Selain mengambil manfaat buah kedondong, yang juga sering digunakan untuk pengobatan adalah bagian daun dan kulit batang dari pohon kedondong. Daun dan kulit pohon ini banyak mengandung flavanoida, saponin, dan tanin. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit disentri dan mengobati penyakit batuk.

Untuk membuat ramuan herbal untuk mengobati disentri, kita tinggal mengambil kulit pohon kedondong sekitar 5 gram. Pilih kulit yang segar lalu bersihkan. Setelah itu diiris dalam bentuk kecil-kecil dan rebus bersama 2 air gelas hingga tersisa setengahnya. Kemudian diamkan agar lebih hangat, lalu saring dan minum airnya.

Begitu juga untuk meracik ramuan untuk mengatasi batuk, kita bisa membuatnya dari rebusan daun kedondong. Caranya, ambil dan pilih daun kedondong yang segar tiga atau empat lembar. Lalu rebus ke dalam 2 gelas air. Setelah masak dan air tinggal setengahnya lalu diamkan agar hangat. Setelah itu saring dan minum airnya. Akan lebih enak bila ramuan-ramuan tersebut diminum dengan menambahkan madu.

Sumber:

http://www.anneahira.com/manfaat-buah-kedondong.htm

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

 

MANFAAT BUAH. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Anda dapat mengunjungi Cerita Dongeng Anak