Senin, 10 Januari 2011

MANFAAT ARANG


manfaat-arang

Arang ataupun istilah jawanya areng, yang selama ini kita sepelekan dan hanya cari pada saat acara bakar-bakar ternyata mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk hal lainnya. Arang biasanya diproduksi dari kampung-kampung yang dibuat dari potongan-potongan kayu ataupun dari akar kayu yang besar. Berikut ini ada beberapa MANFAAT ARANG yang dirangkum dari berbagai sumber (manfaatarang.org)


1. Penghantar zat antikanker pada tubuh manusia


Riset terbaru, arang diubah menjadi penghantar zat antikanker pada tubuh manusia.Penelitiannya dilakukan Japan Science and Technology Agency dan Japan Cancer Insitute, Jepang. Arang atau karbon diubah menjadi nanohorn, sejenis batang berukuran sepersejuta meter yang salah satu ujung silindernya meruncing dan tertutup seperti tanduk. Pada ujung itu, disempalkan butiran 1-2 nanometer obat kanker bernama cisplatin. Mirip memasukan obat ke dalam kapsul. Setelah disuntikkan ke tubuh pasien, nanohorn mengalir dalam darah, tidak menyebar ke seluruh tubuh tetapi hanya terakumulasi di dalam sel-sel kanker. Sebab, sifat sel kanker lebih mudah menyerap benda-benda berukuran 100 nanometer dibandingkan sel tubuh lainnya. Setelah berkumpul di dalam sel kanker, obat dalam kapsul nanohorn itu perlahan lepas untuk mematikan sel kanker. Sistem penghantar obat itu lebih efektif untuk pemusnahan kanker dan tumor serta tanpa efek samping.

2. Obat awet Muda


Penelitian lain dilakukan Richard C. Kaufman, Ph.D dari National Health Federation, Minessota, Amerika Serikat. Arang terbukti bersifat antipenuaan dan memperpanjang umur sebanyak 40% hewan percobaan. Itu karena arang menjaga sensitivitas tubuh dari bahan kimia dan racun yang merusak sel tubuh. Arang juga menyeimbangkan metabolisme lemak, menurunkan kinerja sintesis protein pemicu penuaan, penurunan RNA, penghambat arteriosklerosis dan fibrosis. Dosis yang dianjurkan sebanyak 30 gram per hari diminum 2 kali seminggu saat perut kosong.

3. Menurunkan kadar kolesterol


Arang sebagai pereduksi kolesterol dan penghambat penyakit dilansir oleh British Journal of Nutrition. Sejumlah pasien berkolesterol tinggi yang diberi konsumsi 8 g arang per hari turun 25% dari total kolesterol, 41% kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein), serta melipatgandakan rasio HDL/LDL kolesterol. Itu karena arang menyerap penyumbat jantung dan melancarkan peredaran darah koroner.
Caranya, sebelunya tumbuk arang hingga halus kemudian campurkan dengan kira2 2 gelas air, kemudian rebus hingga menjadi 1 gelas baru kemudian diminum

4. Penyerap Racun


Bubuk arang aktif adalah salah satu obat paling manjur untuk menghentikan diare. Contohnya, diare yang disebabkan oleh cholera atau keracunan makanan. Dosis dewasa ialah 2 sendok makan penuh bubuk arang aktif diberikan 4 kali sehari ditambah 2 sendok makan bubuk arang setiap kali mencret.


Berikan minum 8 sampai 10 gelas air setiap hari sebagai tambahan. Bubuk arang aktif boleh digunakan sendirian atau digabung dengan obat yang mengandung kaolin untuk menghentikan diare. (arangobatajaib.org)


Selain itu untuk menghilankan racun pada masakan bagi yang alergi dengan seafood, bias dengan cara memasukkan arang yang sudah disterilkan kedalam masakan. Hal ini tidak akan merubah rasa maupun aroma (just like my mother always do if she’s cooking sea food)

5. Bahan untuk membuat baju, selimut dll


arang mampu melepaskan sinar ultra inframerah yang menghangatkan tubuh. Ia memperbaiki peredaran darah, melepaskan ion negatif yang menyeimbangkan energi dalam tubuh, serta bekerja pada sistem parasimpatetik sebagai penenang pikiran dan badan. Benang arang bersifat antimikroba, menyerap bau lebih baik, dan menghalau radiasi gelombang elektromagnetik perusak sel tubuh

6. Pupuk/penyubur tanaman


Takehiko Hoshi dari Tokai University, Jepang, meneliti efek arang terhadap tanah perkebunan teh selama 10 tahun di bagian timur Shizuoka,Jepang. Arang yang ditaburkan di sekeliling tanaman teh masing-masing 100 g memberikan efek pertumbuhan tinggi dan volume produksi meningkat 40% disbanding tanaman yang tak ditaburi arang. Penyebabnya, arang mengubah air yang terperangkap dalam tanah menjadi air mineral lantaran berikatan dengan mineral-mineral arang.


Arang juga mengikat nutrisi di udara seperti nitrogen penyebab pH di dalam tanah tetap netral. ‘Selain kaya mineral arang juga bersifat antibakteri dan beberapa jenis asam-asam penyubur tanaman,’ kata Tjuju. Konsep itulah yang diterapkan Korea Selatan untuk menjaga kesuburan rumput lapangan golf. ‘Minimal satu ton arang batok kelapa untuk lapangan golf yang dipakai di lapisan ketiga,’ kata Jhony. Manfaatnya, menyerap kelembapan berlebih sehingga cendawan tidak berkembang dan menghalau hama-hama perusak rumput.



Reff:

lfazriati2000.wordpress.com



Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

 

MANFAAT BUAH. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Anda dapat mengunjungi Cerita Dongeng Anak