Minggu, 11 April 2010

MANFAAT DAUN SELEDRI


manfaat-seledri

Semua yang ada di dunia ini disediakan untuk kepentngan manusia oleh Sang Pencipta sudah sangat lengkap dan sempurna sesuai dengan kebutuhan manusia atas semua keinginannya yang ada. Namun karena keterbatasan serta keengganan kita sendiri yang membuat kita sering dilanda masalah dalam kehidupan ini.


Kita juga terlalu sombong dengan kemampuan yang sudah diberikan Tuhan, seakan - akan kita sudah mampu dan merasa mampu menyelesaikan suatu permasalahan yang kita hadapi. Namun di saat kita terbentur masalah yang tidak mampu kita atasi, barulah kalbu menjerit ampun, memohon kasih serta perlindungan dan pertolongan- Nya.

Seledri merupakan sayuran/ tanaman yang oleh banyak masyarakat Tiongkok tradisional sejak lama digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan Apigenin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah. Efek tersebut akan menjadi lebih besar berkat adanya komponen Pthalide yang dapat merilekskan pembuluh darah.

Di sisi lain Seledri juga mengandung Fitosterol, yang sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Di samping berfungsi untuk mencegah kanker dan membentuk permeabilitas kulit yang baik. Seledri juga bermanfaat untuk memelihara kebersihan mulut dan kesehatan gigi terutama bagi lanjut usia.



Seledri mentah dapat merangsang produksi air liur sehingga dapat membantu melumpuhkan aktivitas kuman yang dapat mengakibatkan gigi keropos. Seledri, karena kandungan seratnya, juga dapat membersihkan sisa makanan yang terdapat di sela gigi. Lebih dari itu, seledri juga dapat menyegarkan aroma mulut.



Perlu diketahui bahwa Seledri mempunyai komponen gizi yang cukup baik, jumlah vitamin K dan vitamin C termasuk dalam kategori sangat baik. Kandungan Kalium, Folat, Serat, vitamin B6, Mangan -nya berkategori baik. Selain itu Seledri juga cukup mengandung sumber kalsium, vitamin B1, Magnesium, Vitamin A, Triptofan, zat besi dan vitamin B12.



Untuk mendapatkan khasiat yang optimal, perlu dipilih seledri yang warnanya terlihat masih hijau dan berjenis besar serta masih segar. Untuk menyimpannya usahakan bungkus dengan plastik lebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.



Untuk mengkonsumsi seledri, ada berbagai cara. Kalau di JUS, cukup dengan 3 - 5 tangkai dan sebaiknya dikombinasi dengan buah untuk mengurangi rasa LANGU, serta diminum 2 kali sehari. Dalam keadaan mentah, Seledri dapat dikonsumsi sebagai lalapan.

Sumber :

www.ahn-bidikcom.blogspot.com/2008/10/manfaat-daun-seledri.html



Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

 

MANFAAT BUAH. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Anda dapat mengunjungi Cerita Dongeng Anak