Minggu, 18 April 2010

MANFAAT DAUN PANDAN


manfaat-daun-pandan

Daun pandan merupakan salah satu tanaman yang mengeluarkan aroma yang wangi.Daun ini banyak sekali kegunaannya bagi kehidupan manusia khususnya ibu – ibu rumah tangga, di mana digunakan sebagai pewarna dan pengharum tambahan alami pada makanan.Selain itu Daun pandan wangi ( Pandanus amaryllifolius) ternyata memiliki khasiat khusus sebagai tonikum, penambah nafsu makan dan penenang. Info ini saya temukan di situs Pusat Data & Informasi PERSI. Jadi apa yang ditanyakan pak Icay ada benarnya, bahwa daun pandan memang bisa berkhasiat sebagai penenang. Zat apa ya kira-kira yang terkandung di dalamnya sehingga memiliki khasiat seperti itu?

Padan Wangi memiliki kandungan kimia alkaloid, saponin, flavoida, tanin, polifenol dan zat warna. Tannin? Ya, cukup mengejutkan juga mengetahui kalau Panda wangi memiliki zat Tanin. Apakah zat tanin ini sama dengan Tanin yang dimiliki oleh daun teh? Nanti saya akan tanyakan lagi kepada teman-teman yang lebih jago soal kimia seperti kang Irvan atau kang Harnaz.

Zat Tanin inilah yang saya duga sebagai biangnya penenang, secara efek Tanin dalam teh juga menenangkan. Jadi paduan Tanin dari teh dan Pandan ini yang mungkin berefek menjadi pulasnya tidur si buah hati.

Selain Tanin, daun pandan ternyata juga memiliki Polifenol seperti halnya yang terdapat dalam kandungan teh. Berarti perpaduan dua bahan ini ditambah dengan Jahe (yang ulasannya sudah ditulis oleh mbak Ratna), menjadikan minuman ini menjadi kaya akan zat-zat yang bermanfaat.

Khasiat lain dari daun pandan menurut situs tersebut dapat mengatasi Lemah saraf (neurasthenia), tidak nafsu makan, rematik, pegal linu, sakit disertai gelisah, rambut rontok, menghitamkan rambut dan ketombe.

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

 

MANFAAT BUAH. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Anda dapat mengunjungi Cerita Dongeng Anak